resep kari ayam

Cara Mengolah Ayam: Resep Kari Ayam

Menyajikan olahan daging ayam yang berbeda tentuakan dilakukan banyak orang, pertimbangkan untuk menjadikannya sebagai resep kari ayam. Jika berbicara mengenai kari maka dijamin akan langsungterhubung dengan masakan khas dari India. Bumbu kari yang punya cita rasa gurihsekaligus lumayan pedas memang kerap dijadikan bahan utama dalam masakan khasIndia. Namun jangan salah, kari pun sudah dikenal oleh masyarakat melayu sejakzaman dulu termasuk pula di Indonesia.

Ada banyak bahan yang bisa diolah dengan bumbu kari, dan salah satunya adalah daging ayam. Tentunya perlu melirik cara mengolah ayam dengan benar supaya menu kari yang dibuat memanjakan lidah penikmatnya. Simak beberapa tips berikut supaya pembuatan kari ayam terasa mudah dan bebas resiko gagal:

  1. Baca buku resep kari dengan seksama,

Kari ayam akan terasa enak manakala mengikuti instruksi buku resep dengan benar. Bagi pemula dalam urusan dapur dianjurkan untuk meluangkan waktu membaca buku resep dan kemudian dipahami. Sehingga ketika dipraktekkan langsung sudah cekatan dan paham langkah-langkah pembuatan ayam kari tersebut tanpa melirik resep berkali-kali.

  • Gunakan selalu bahan segar dan berkualitas,

Olahan kari ayam akan semakin sedap jika dibuat dengan mempergunakan bahan segar. Dimulai dari daging ayam yang usahakan masih segar, bisa terlihat dari warna maupun aromanya. Prioritaskan pula untuk menggunakan bumbu racikan sendiri bukan bumbu instan. Mengapa? Supaya lebih mudah mengikuti takaran bumbu di dalam resep sekaligus memastikan kesegaran dari bumbu yang digunakan.

  • Menggunakan daun kari alami,

Rempah yang dimiliki Indonesia memang tidak hanya sebatas berbagai jenis rimpang seperti jahe maupun kunyit. Akan tetapi juga berbagai jenis daun mulai dari daun salam yang paling familiar sampai daun kari. Daun kari memang sekarang sudah jarang ada namun bisa dibeli di tukang tanaman. Penambahan daun kari untuk cara mengolah ayam sebagai kari ayam efektif memberi cita rasa segar. Aroma kari dari daun tersebut juga lebih kuat sehingga setelah matang lebih menggugah selera.

  • Olah ayam dengan benar terlebih dahulu,
Baca Juga :  Resep Kue Kering Terbaru Si Nastar 

Meskipun daging ayam ini tidak seamis ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut. Namun aroma amisnya tetap akan tercium manakala tidak diolah dengan benar. Sebelum mulai diolah dengan bumbu kari usahakan dilaminasi dulu dengan kucuran air jeruk nipis. Diamkan beberapa menit, kemudian dilaminasi ulang memakai bumbu kari namun tindakan ini opsional saja. penggunaan rempah yang banyak dan dari berbagai jenis juga efektif menghilangkan amis daging ayam.

  • Pastikan kuah santannya dimasak sampai mengental,

Kari ayam sekilas nampak mirip dengan olahan opor ayam, hanya saja kuahnya lebih terbatas. Ketika dimasak maka perlu memastikan kuah santannya cukup asat sehingga menyisakan kuah kental yang terbatas. Menuangkan santan pun dianjurkan sedikit demi sedikit sembari diaduk, bisa menggunakan api yang kecil. Sehingga santan matang sempurna dan asat secara bersamaan di dalam panci yang digunakan.

Kari ayam memang dikenal memiliki aroma sampai rasayang cukup kuat berkat penggunaan beragam rempah. Terutama dari daun kari,meskipun ada bumbu kari instan tetap utamakan memakai bumbu racikan sendiri. Sebablebih segar, sehat, dan tentunya takaran pas disesuaikan dengan takaran daribahan utamanya yakni daging ayam.