oleh oleh khas palembang

Oleh Oleh Khas Palembang Yang Harus Anda Tahu

Jauh-jauh Anda berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak tepat jika Anda belum membawa oleh oleh khas Palembang ini untuk di bawa pulang ke rumah. Terkenal akan mpek-mpeknya yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Kota Palembang juga memiliki berbagai  oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan. Mari kita simak informasi berikut ini:

  • Kemplang

Kemplang merupakan salah satu kerupuk yang terbuat dari ikan di daerah sumatera seperti Palembang dan juga Bangka. Kemplang memiliki tesktur kasar namun renyah dan mudah dikunyah. Walau terdapat beberapa cara-cara memasak kemplang. Namun yang paling khas adalah yang dibakar. Adonan kemplang tersebut dibakar di atas bara api. Sehingga mempunyai bau dan juga rasa yang khas. Kemplang ini umumnya dimakan dengan sambal terasi. Kisaran harga kemplang sendiri itu juga tergantung dari bahan dasarnya. Kemplang berbahan dasar ikan tenggiri ini akan lebih murah dibanding dengan ikan gabus.

  • Lempok durian

Menyerupai dodol pada umumnya dengan rasa manis yang kaya. Perbedaannya hanyalah lempok adalah dodol yang bahan bakunya dari durian dan gula. Pembuatan lempok dilakukan secara turun termurun. Sehingga rasanya tetap khas dan juga terjaga. Dimasak dengan menggunakan kayu bakar dengan waktu yang cukup lama.

  • Kue maksuba

Kue maksuba adalah salah satu sejenis kue lapis khas dari Palembang. Disajikan hanya pada acara khusus dan juga tamu-tamu tertentu. Menjadikan kue maksuba ini mempunyai arti yang khusus tersendiri. Seperti secara tidak langsung mengutarakan penghormatan kepada para tamu ataupun acara tertentu. Pada umumnya sering ditemui pada pernikahan, lebaran, dan lain sebagainya.

  • Kue delapan jam

Proses pembuatan kue delapan jam ini memakan waktu sekitar delapan jam. Bahan baku kue delapan jam ini hampir sama dengan kue matsuba. Tapi kue tradisional ini di masak dengan cara di kukus. Sementara kue mastuba dipanggang. Alhasil penampilan kuenya berbeda jauh dari kue matsuba. Warna coklat dan kepadatan kue didapatkan dari waktu masak yang lama.

  • Empek-Empek
Baca Juga :  7 Macam-Macam Olahan Nasi Khas Indonesia Yang Harus Anda tahu

Empek –Empek ini juga bisa Anda sajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka. Cuka ini terbuat dari air, gula merah, cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Sebagai pelengkap, makanan ini menggunakan mentimun yang diiris dadu dan mie kuning. Mari kita simak bagaimana cara buat mpek mpek:

Bahan:

  1. 1 kg tepung sagu (kualitas baik)
  2. 1 kg daging ikan tenggiri (giling halus)
  3. 250 ml air es
  4. Secukupnya air bersih (rebus)
  5. 1 sdt garam halus
  6. 1 1/2 sdt penyedap rasa
  7. Secukupnya minyak (untuk menggoreng)

Bahan kuah:

  1. 3/4 liter air bersih
  2. 150 gr bawang putih ( cincang halus )
  3. 60 gr air asam jawa
  4. 250 gr gula merah ( sisir halus )
  5. 1 sdm ebi kering bubuk
  6. 100 gr cabe rawit ( haluskan )

Cara Membuat Kuah Empek Empek Palembang:

Siapkan wadah, lalu kemudian masukkan air, air asam jawa dan juga gula merah, rebus sampai mendidih. Masukkan kembali cabe rawit, bawang putih, ebi dan juga garam, lalu aduk sampai tercampur merata. Kemudian angkat dari kompor, dan biarkan hingga menjadi hangat.