cara menghilangkan kutu beras

Cara Menghilangkan Kutu Beras Paling Ampuh Dengan Cara Alami

Kutu beras adalah serangga atau hama kecil yang menyerang produk simpanan petani dan ibu rumah tangga, seperti beras, gandum, dan jagung. Kutu beras dianggap sebagai ancaman untuk para petani dan ibu rumah tangga. Karena kutu beras bisa menghancurkan sebagian tanaman yang siap panen para petani. Kutu beras mampu bertahan hidup cukup lama tanpa makanan hingga 36 hari, tapi jika, dengan makanan umurnya mampu mencapai 3-5 bulan bahkan sampai 1 tahun. Ada beberapa faktor yang membuat reproduksi kutu beras meningkat, antara lain:

• Makanan yang sesuai dengan pembiakannya

• Suhu dan kelembaban, artinya semakin lembab suhunya lebih mudah mereka berkembang biak

• Lingkungan sekitar, oleh karena itu pastikan tempat penyimpanan beras memiliki tempat yang terang dan kering, jauh dari sumber air.

Walaupun kutu beras tidak terlalu berbahaya bagi manusia, karena kutu beras akan mati saat proses pemasakan nasi. Namun, kehadiran kutu beras justru membawa sejumlah kerugian yaitu:

  • Kualitas Rasa Berubah

Beras yang telah di invasi oleh hama kutu beras selama berbulan-bulan dapat mempengaruhi rasa beras ketika di masak menjadi nasi atau bubur. Nasi yang biasanya pulen akan menjadi lebih terasa tawar dengan struktur yang kurang bersih. Kondisi ini bisa membuat selera dan nafsu makan seseorang menjadi kurang.

  • Nutrisi Berkurang

Kutu beras yang sudah tinggal dan melakukan reproduksi pada satu stok beras dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nutrisi yang ada pada beras menjadi berkurang. Hasil metabolisme kutu beras akan bercampur dengan beras, dan berdampak kurang baik untuk nutrisi yang terkandung dalam beras. Oleh karena itu, masalah ini harus Anda atasi dengan cara menghilangkan kutu beras

  • Menyebabkan Alergi
Baca Juga :  Resep Ayam Telur Asin yang Nikmat Menggoda

Bagi sebagian orang, khususnya anak-anak. Kutu beras yang masih tertinggal di dalam beras yang telah dimasak menjadi nasi. Sebenarnya tidak terlalu membahayakan kesehatan. Tapi, ada juga orang-orang yang tubuhnya menolak benda asing sehingga memicu terjadinya alergi, berupa gatal-gatal atau muntah.

Nah, untuk mengusir atau cara menghilangkan kutu beras kita dapat menggunakan cara menggunakan kutu beras dengan sederhana dan alami. Tidak usah repot-repot dengan membeli bahan kimia atau pembasmi kutu beras. Bahan-bahan alami di bawah ini sudah tentu aman untuk kesehatan dan mudah di dapatkan. Yuk simak aja ke bahannya di bawah ini.

  • Asam Keping

Adalah salah satu bahan untuk mengusir kutu beras. Dengan asam keping atau asam gelugur, aroma yang dikeluarkan asam keping ini sangat tidak disukai oleh kutu beras. Cara menghilangkan kutu beras cukup sederhana, letakkan saja beberapa keping asam keping atau asam gelugur di dalam wadah penyimpanan beras. Dengan cara menghilangkan kutu beras ini lama-kelamaan kutu beras tidak akan merasa nyaman lagi, lalu kutu beras akan pergi dengan sendirinya.

  • Daun Salam Kering
cara menghilangkan kutu beras

Cara menghilangkan kutu beras kali ini menggunakan daun salam kering, ya daun salam kering lebih dikenal sebagai bahan penyedap makanan. Selain itu daun salam juga memiliki banyak khasiat yang bisa anda cari di google. Salah satu khasiat daun salam adalah mampu menghilangkan kutu beras. Kutu beras sangat tidak suka dengan aroma daun salam kering ini. Jadi dengan menggunakan daun salam kering masalah cara menghilangkan kutu beras yang ada di penyimpanan beras Anda sudah teratasi.

  • Bubuk Kopi

Bubuk kopi juga menjadi salah satu cara menghilangkan kutu beras karena caranya cukup mudah. Namun, bukan berarti menaburkan bubuk kopi langsung di atas beras. Nantinya beras yang ada akan menjadi pahit. Cara menghilangkan kutu beras yang benar adalah dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik, lalu lubangi beberapa bagian plastik dan letakan plastik yang berisi bubuk kopi itu di atas beras Anda. Aroma kopi yang sangat pekat dan menyengat itu sudah tentu menjadi cara menghilangkan kutu beras paling ampuh. Dan kutu beras akan pergi dengan sendiri karena terusik dengan aroma bubuk kopi.

Baca Juga :  Resep Ayam Tepung Menggoda yang Bisa Anda Coba